Sempat Vakum, Kini AWS Radio Kembali Terbang

actasurya.com – AWS Radio adalah bagian dari STIKOSA-AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya), mengudara sebagai radio kampus sejak tahun 2005. AWS Radio menyuguhkan berbgai informasi dan hiburan yang menarik bagi seluruh maghasiswa. Dengan menghadirkan beraneka jenis musik baik Pop, Jazz, dan masih banyak lagi.

Berawal pada tahun 2005 yang mengudara sebagai Radio AWS 102,2 fm, lalu sempat vakum dan bangkit lagi pada tahun 2008 tetapi hanya sebagai radio kampus. AWS Radio, radio kampus yang didengar oleh mahasiswa AWS saja, karena radiasinya pun sekadar kampus saja.

Namun sangat disayangkan AWS Radio kembali vakum pada tahun 2015, karena kepengurasannya yang sibuk kerja dan alasan lainnya. Dengan alasan seperti itu anggota mulai meninggalkan AWS Radio satu persatu. Sampai benar-benar tidak ada yang mengurus lagi dan akhirnya vakum.

“Vakumnya itu kalau dihitung-hitung sudah masuk 2 tahun, vakumnya karena emang kepengurusannya kakak-kakak tingkatku itu tidak diurus lagi. Karena entah mereka kerja atau sibuk, jadi ya kayak mrotol satu-satu dan itu benar-benar tidak terurus,” cakap Gresia Zumarda.

Setelah 2 tahun vakum dan tidak ada yang mengurus AWS Radio, Gresia Zumarda tergerakkan untuk kembali membangkitkan radio kampus. Dengan dibantu oleh Sembilan anggotanya, dan tekat serta ambisi ingin belajar mengenai radio dan membangkitkan kembali radio yang ada di kampus.

Sebelum bertindak,Gresia berkonsultasi terlebih dahulu kepada alumni AWS Radio yaitu Ilham Baharsyah dan dosen AWS Fajar Arifianto Isnugroho. Saat konsultasi, Gresia mendapat dukungan serta masukan untuk meneruskan dan membagkitkan kembali AWS Radio yang telah vakum selama dua tahun ini.

Sempat ada kendala soal keanggotaan yang dialami oleh Gresia, “inginnya ngajak temen-temen yang kelas malam, tapi terhambat oleh pekerjaan mereka. Akhirnya bertemu 10 orang yaitu temen-temenku yang kuliah pagi ini, ada yang sekelas, ada yang beda kelas. Dan memang mereka pengen belajar radio bareng-bareng,” ucapnya.

20 April 2017 AWS Radio resmi kembali mengudara di kampus STIKOSA-AWS. Gresia Zumarda yang ditunjuk dan dipercaya untuk menjadi ketua umum. Pada tanggal 21 April 2017 Gresia dan teman-temannya dilantik dan resmi menjadi pengurus AWS Radio yang sekarang.

Dengan adanya radio kampus yang kembali mengudara, dapat menghibur mahasiswa yang tengah asik  duduk santai di pendopo, maupun sedang mengerjakan tugas kuliah. Tak hanya hiburan musik dan informasi yang disuguhkan, namun sesekali penyiar seolah sedang mengajak bercanda pendengarnya agar tidak merasa bosan .

“Aku mengapresiasi AWS Radio yang mulai berkembang dan salut. Mereka itu benar-benar mau berproses dari awal, mereka juga mulai menunjukkan perkembangan, siaran, ngajak siaran mahasiswa. Untuk AWS Radio supaya terus menjalankan yang sudah ada, terus ada dan jangan vakum lagi,” ucap Aulia Rakhil mahasiswa penikmat AWS Radio.

Dukungan dan harapan muncul oleh mahasiswa, untuk AWS Radio kedepannya agar tidak vakum lagi dan terus menghibur para mahasiswa. Jika ingin request music yang kalian inginkan, dapat langsung menghubungi official line account AWS Radio. (N/F:Esti)