Semarak Jatim Fair 2017 Branding Produk Lokal

actasurya.com – Pada hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-72, Jatim Fair kembali tergelar. Melanjutkan kesuskesan acara tahun sebelumnya Jatim Fair kali ini tetap mengangkat Potensi Kinerja Prestasi yang telah diraih oleh kalangan usaha.  Jatim Fair 2017 dibuka dengan meriah oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasti Lukita, bersama Gubernur Jatim Soekarwo, di Grand City Mall Surabaya, Jumat (5/10).

Jatim Fair kali ini lebih menekankan pada promosi produk-produk unggulan dari Provinsi Jawa Timur yang kompetitif, berkualitas, dan berorientasi ekspor di pasar global. Selain itu, event besar ini juga bertujuan guna menarik para buyers, investor, trading, dan mampu memperluas jaringan bisnis baik dalam pasar nasional maupun global.

Boediono, selaku Organization & Busines Development Sector Chief ASPERI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia), mengatakan bahwa Jatim Fair yang kedelapan ini merupakan pameran Jatim Fair terbesar karena menempati area 15.000 dan 560 peserta. Selain itu, dia juga menambahkan kali ini konsepnya berbeda dengan tahun sebelumnya, seperti Jatim Fair kali ini pada hari Senin hingga Kamis , jam 11.00 sampai 16.00 gratis masuknya.

“Karena ini adalah sumbangsih Jatim Fair terhadap masyarakat Jawa Timur. Jadi kalangan yang keberatan membayar tiket saat malam hari saat konser artis nasional bisa masuk secara gratis,”jelasnya.

Selain konsepnya yang berbeda, pemilihan tempat pelaksanaan juga menjadi faktor tersendiri. Lokasi yang sangat strategis dengan akses masuk yang mudah dijangkau menjadi daya tarik Jatim Fair kali ini. Letak Gran City Mall tidak jauh dari beberapa jalan utama Kota Surabaya dan secara langsung berdekatan dengan pusat keramaian alun-alun atau Taman Surya di depan Balai Kota Surabaya. Jadi mudah dijangkau. Selain area yang sangat strategis, wilayah indoor dan outdoor-nya sangat representatif.

Sebanyak 560 booth menampilkan produk dan karya yang berorientasi ekspor dari berbagai Kabupaten/Kota se-Jawa Timur maupun luar Jawa Timur. Banyak ragam yang dipamerkan dalam event ini mulai dari kerajinan produk fashion, telekomunikasi, otomotif, hasil pertanian, perkebunan, periwisata, perbankan, serta produk lainnya.

Seperti salah satu produk dari Surabaya, yaitu Sambal CUK (Cabe Uleg Kemasan) yang merasakan keuntungan lebih dengan adanya pameran produk unggulan di Jatim Fair ini. Karena produk ini juga merupakan yang pertama di Indonesia sebagai sambal rumahan dengan standar internasional.

“Keuntungan dalam event ini kita juga bisa mendapatkan buyer dari luar juga. Jadi barang kita bisa dikirim ke Kalimantan dan yang dari Kalimantan bisa dikirim ke kita dan kita jual. Kita juga bisa mengenal UKM satu sama lain dan juga bisa dikenal se-Jawa Timur,” ujar Yolanda Surasto Hadi manager sambal CUK.

Jatim Fair 2017 ini juga akan memberi pertunjukkan musik selama 11 hari non stop dari beberapa penyanyi dan band ternama dari ibu kota, yaitu Ari Lasso, Anji, Jamrud, Tulus, D’masiv, Ras Muhamad, Tipe-X, Souljah, Fourtwnty, Stars & Rabbit, Geisha, dan Maliq D’ Essential.

Hiburan yang disuduhkan ini tambah menarik antusias pengunjung. Seperti Luluk Mahfiroh yang menilai konsep Jatim Fair kali ini seru dan ramai serta menonjolkan UKM nya Jawa Timur. “jadi semua masyarakat bisa tau,” tuturnya. Selain itu Novi Eka Jayanti juga menilai bahwa Jatim Fair kali ini semakin tambah ramai dan maju karena ada pemeran seperti ini.

(N/F : Andyan Dwi S & Ardini Pramitha)