Retropeksi Sebagai Intropeksi Antara ke 81 tahun

Dari kiri, Oscar Motoloh kurator galeri Antara Jakarta memberikan cinderamata kepada Kepala Biro Antara Jatim Slamet Hari Purnomo, saat pembukaan pameran foto bertajuk Retropeksi, kamis (13/12) Graha Antara Jatim, Surabaya.

Actasurya.com – Dalam rangka HUT Antara ke-81 tahun, Antara Jatim mempersembahkan pameran foto dan peluncuran buku yang bertajuk “Retropeksi”, kamis (13/12) bertempat di Graha Antara Jatim, Surabaya.

Dalam pameran yang telah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut ini, menyajikan kumpulan karya pewarta foto terbaik Antara Jatim setahun kebelakang . 

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan dari pihak Antara Jatim , pemotongan tumpeng yang di lakukan oleh Kepala Biro Antara Jatim, Slamet Hadi Purnomo, sebagai tanda syukurnya, bila Antara masih bertahan hingga sekarang dan sampai dijaman milenial ini, dilanjutkan pemberian cinderemata oleh Oscar kepada Slamet, sebagai ucapan selamat atas terbukanya pameran dan penerbitan buku Retropeksi. 

Tajuk Retropeksi memiliki arti bagi fotografer Antara Jatim sendiri, sebagai evaluasi kedepan dan bentuk apresiasi untuk lebih dikenal oleh masyarakat umum, seperti yang disampaikan oleh Oscar Motoloh, selaku kurator Galeri Antara Jakarta.

“Kata Restrospeksi diambil dari melihat kembali, sebagaimana introspeksi kembali dari foto-foto yang diambil dari pewarta foto Antara Jatim yang dapat meninjau kejadian-kejadian yang dianggap penting, untuk jadi peringatan, pesan positif dan juga cara untuk menghormati hasil karya, ” jelasnya.  

Terlihat pengunjung tengah menikmati, hasil karya foto jurnalistik para fotografer Antara Jatim saat perayaan Antara Jatim ke 81 tahun, Kamis (13/12) di Graha Antara Jatim, Surabaya.

Dari karya foto yang terpajang, berhasil membuat Shafa salah satu siswa SMA Wachid Hasyim, Sidoarjo ini terkagum “Karyanya bagus, foto sangat mendetail,”kagumnya.

Pengunjung tak hanya menikmati karya foto jurnalistik, namun juga dapat mengunduh buku digital Fotografi Retrospeksi Antara Jawa Timur 2018 dengan memindai QR sebagai akses masuknya. (N/F: Jel/Hni)