Potret Peninggalan Majapahit

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Surabaya (UNESA) bekerjasama dengan Galeri Seni House Of Sampoerna gelar pameran foto bertema ”650 Tahun Rute Majapahit”. Karya Nigel Bullogh dengan nama Indonesia Hadi Sidomulyo, yang akan dimulai pada tanggal 10 september hingga 04 Oktober 2009 nanti.

Pameran ini merupakan satu rangkaian acara dalam memperingati tepat 650 tahun rute majapahit yang di awali pameran artefak majapahit di Balai Pemuda pada tanggal 05-09 september 2009 lalu. “Ke 43 Karya foto yang di tampilkan ini menceritakan rute rute di mana Raja Hayam Wuruk beserta pejabat tinggi dan keluarganya berkeliling ke Jawa Timur sekitar bulan September tahun 1359 M , seperti Candi Jabung , Candi Singosari dan beberapa kali yang di susuri terekam dalam hasil fotografi Nigel”, ujar Hanan Pamungkas selaku dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Unesa sekaligus mewakili Nigel Bullough.

“rute rute tersebut merupakan aset sejarah Jawa Timur yang menyimpan berbagai peristiwa, sudah saatnya kita kembangkan rute Majapahit sebagai icon pariwisata baru di Jawa Timur dengan menonjolkan segi alam, seni dan budayanya,” harap Pria berkacamata ini

Salah satu sumber pengetahuan yang di dapat Nigel tentang kerajaan Majapahit pada abad ke 14 itu tercantum dalam Kitab Kakawin Nagarakertagama (Desawarnana). yang di tulis oleh Mpu Prapanca saat mengawal Raja Hayam Wuruk.”Hal ini juga merupakan salah satu wujud napak tilas Nigel yang pernah dilakukan Mpu Prapanca, namun kala itu prapanca melakukan reportase dalam bentuk tulisan yang dibubuhkan di atas daun lontar”, tegasnya selaku ketua panitia. (Naskah / Foto : Dhimas Prasaja)

No Comments