Pilih AWS, Robby Ingin Jadi Pewarta Anti Hoax

“Saya tidak mau kalau orang Indonesia dibodohi dengan berita hoax.”

Itulah kalimat yang diucapkan Muhammad Robby Firmansyah, camaba( Calon Mahasiswa Baru) Stikosa-AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya).

Menimbailmu di Stikosa-AWS dengan jurusan Broadcasting adalah pilihan terbaik untuk Robby. Memilih jurusan tersebut karena,ia sangat menyayangkan dengan banyaknya berita hoax yang sedang heboh di Indonesia. Robby ingin belajar cara mencariberita yang benar akan faktanya.

Menurut Robby berita adalah informasi dan disebar luaskan melalui media cetak maupun media social, dan seharusnya menyediakan berita yang dapat dijadikan informasi. “Lah kalau berita itu hoax nanti akan bakalan jadi hal kesalah pahaman antara satu sma yang lain. Tidak bisa diremehkan , akibatnya bisa fatal. Contoh bisa saja terjadi peperangan antar Negara karena adanya informasi atau berita yang tidak benar,” cakapnya.

Karena berita mempunyai nilai, maka tidak seharusnya media yang tidak bertanggung jawab menerbitkan berita palsu. Dengan kuliah di kampus wartawan kita dapat belajar mencari informasi, menemui narasumber, menulis berita, dan menerbitkan secara benar. Sebab menjadi wartawan kita harus memberikan informasi real.

Pilihan yang tepat untuk Robby memilih belajar dan mendalami dunia Broadcasting di AWS, bukan sembarang pilihan untuk berkuliah. Sempat mencari informasi tentang kampus mana saja yang berkualitas dan memiliki Ilmu Komunikasi terbaik,pilihannya pun jatuh kepada AWS.

“Menurut saya semua kampus itu sama saja, mau swasta maupun negeri. Apa lagi saya tau lulusan dari AWS itu bisa lebih dari lulusan Ilmu Komunikasi negeri juga.Sama bagaimana kualitas dari kampus juga dilihat dari mahasiswanya,” Ucap Robby,bercerita dengan penuh antusias.

Tak terlintas dibenaknya jika lulus dari AWS ingin menjadi apa, tapi yang pasti Pria berbehel ini inginberkerja di media pertelevisian. Namun jika nantinya menjadi reporter, produser, kameramen, editor dan lain sebagainya ia bersedia. Pada intinya bekerja di media pasti mencari berita dan tidak asal menyuguhkan berita.

Kini Robby berkuliah dan menjadi mahasiswaStikosa-AWS, ia berharap kepada kampus. Bahwa kelak jika ia sudah lulus dari AWS, ia menjadi wartawan yang menyuguhkan berita sesuai dengan apa yang ada di lapangan. “Semoga dengan saya kuliah di AWS dan nanti kalau lulus bisa menjadi wartawan yang dapat menyajikan berita sesuai dengan fakta,” Tutupnya.(N/F:Esti Widiyana)