Peringati Hari Lingkungan Hidup sedunia, Mahasiswa FIK Ubaya Pamerkan Desain Produk Limbah Daur Ulang

actasurya.com – Beberapa waktu terakhir, berbagai bencana terjadi akibat kerusakan lingkungan. Mulai dari kebakaran hutan, kerusakan terumbu karang, pemburuan satwa langka hingga pencemaran lingkungan. Hal itulah yang melatarbelakangi mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) membuat berbagai karya desain produk sebagai bentuk kampanye peduli akan lingkungan hidup, senin, 4 Juni 2018.

“Ini sebagai salah satu media kami untuk menyampaikan dan mengingatkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup,” ujar salah satu dosen FIK Ubaya, Prayogo Waluyo.

Dalam acara itu, para mahasiswa angkatan 2017 ini memamerkan berbagai macam desain produk seperti pakaian, aksesoris kepala, aksesoris pundak yang dikemas dengan kreatif menggunakan bahan daur ulang. Masing-masing kelompok yang terdiri dari empat hingga lima orang membuat desain atau tema kerusakan lingkungan.

“Tiap kelompok brain storming dulu di awal, kemudian melakukan riset untuk menentukan isu lingkungan yang akan diambil sebagai tema,” jelas Prayogo.

Kampanye ini diharapkan agar dapat meningkatkan masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan. “Melalui kampanye ini, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat umum, maupun mahasiswa agar lebih memerhatikan lingkungan. Contoh sederhananya, jika kita buang sampah sembarangan, maka bisa menyebabkan kebanjiran,” pungkasnya.

Acara yang dihelat untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini bertempat di Savana Psikologi Kampus Ubaya, Tenggilis. Surabaya. Tak hanya itu, acara ini juga sebagai Ujian Akhir Semester bagi para mahasiswa semester 2 FIK Ubaya. (N/F: Amanah)