Pemilihan Ketua IKA Stikosa-AWS, Hilangkan Asas Rahasia

Actasurya.com – Minggu (11/11), Pemilihan Ketua Ikatan Alumni (IKA) Stikosa-AWS digelar di Warung Kopi depan Stikosa-AWS. Pemilihan ini dilaksanakan dengan langsung, umum, tidak rahasia.
Berlandaskan dari semangat pemilihan ini bukan persaingan, melainkan untuk menumbuhkan demokrasi, serta menyingkirkan kepentingan-kepentingan. Maka dalam pemilihan ini menghilangkan asas rahasia. “Langsung, umum, tidak rahasia. Karena untuk pemilihan di on line sendiri terbuka. Jadi untuk pemilihan langsung juga dibuat terbuka,” jelas Noor Arief Prasetyo, Ketua Tim Formatur, Minggu (11/11).

Pemilihan Ketua IKA Stikosa-AWS digelar dengan dua cara. Pertama, alumni bisa datang langsung ke Warung Kopi depan Stikosa-AWS. Kedua, pemilihan bisa dilakukan lewat jalur on line. Pria yang akrab disapa Arief ini menjelaskan, jalur on line dibuka karena mereka juga harus memfasilitasi alumni yang berada di luar Surabaya, dan tidak memungkinkan datang ke depan kampus.

Untuk persiapan pemilihannya, bisa terbilang singkat. Hanya sekitar tiga minggu dari Musyawarah Luar Biasa yang dilakukan secara on line. Meski persiapannya singkat, namun pemilihan yang dilakukan mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore, bisa dikatakan sukses. Hal itu terbukti dari banyaknya suara atau pemilih.

Hasil perhitungan suara pemilihan terbuka, jumlah suara yang masuk terdapat 90 suara. Dari total suara yang masuk melalui grup FacebookFor Pro AWS sebanyak 44 suara. Dukungan untuk M. Mufti Mubarok 3 suara, Moh. Subechi NC 39 suara, dan suara tidak sah 2 suara karena pemilih belum lulus. Sedangkan melalui pemilihan langsung di Warung Kopi depan Stikosa-AWS, terdapat 46 suara. Dukungan untuk M. Mufti Mubarok 7 suara dan Moh. Subechi NC mendapatkan 39 suara.

Dari hasil pemilihan terbuka, tim formatur memberikan waktu 1X24 jam, bagi para alumni untuk mengoreksi ulang hasil pemilihan. Setelah itu, tim formatur menganggap suara masuk sah. Dan menetapkan Ketua IKA Stikosa AWS terpilih periode 2012-2017 adalah Moh. Subechi NC. (N/F: Ayu/Navis)