Paguyuban Cak & Ning 2018 Buka Pendaftaran

ActaSurya.com – Paguyuban Cak dan Ning 2018 menggelar Grand Opening Roadshow, sebagai tanda dibukanya pendaftaran pemilihan duta wisata kota Surabaya, Minggu (1/4), di Taman Bungkul, Surabaya. Mengusung tema Dare To Be One, pemilihan Cak & Ning Surabaya tahun 2018 akan dibuka mulai tanggal 1 sampai 26 April.

Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB dibuka dengan penampilan Paguyuban Reog Singo Mangkugaman yang menampilkan Tarian Singo Barong, serta dilepaskannya burung sebanyak 30 ekor sebagai simbolis. Kemudian dilanjutkan dengan pawai mengelilingi Jalan Darmo.

Pawai kali ini bertujuan untuk memperkenalkan ikon kebanggan Kota Surabaya, yang disimbolkan melalui lima pasang juara Cak & Ning tahun 2017, mereka berkeliling naik becak hias dengan diiringi alunan rancak musik patrol pada momen Car Free Day (CFD).

Kegiatan Grand Opening Roadshow turut dimeriahkan oleh sejumlah komunitas dari Penggiat sejarah seperti Roodebrug  Soerabaia, yang diikuti dengan sepeda-sepada tua dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), serta Komunitas Ukulele Surabaya (Ukesub) yang juga ikut turut tampil sebagai pengisi acara.

Salah satu perwakilan paguyuban Cak & Ning Surabaya yang turut memeriahkan kegiatan Grand Opening Roadshow di Taman Bungkul (1/4).

Pada kegiatan itu ada beberapa orang yang mulai hadir untuk mendaftar. Adapun calon peserta yang ikut serta mendaftar untuk menjadi bagian Cak & Ning 2018, yaitu Diah Ayu Karinda, seorang mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

“Saya ingin mengembangkan potensi dan memperkenalkan Kota Surabaya ke khalayak luar. Contohnya di kampus saya kan banyak orang daerah, saya mau memperkenalkan Kota Surabaya, bahwa kota Surabaya ini gak hanya panas saja yang kita dapat, tetapi ada parawisatanya juga,” ucapnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Cak dan Ning diantaranya, peserta harus berusia 17- 24 tahun, terhitung mulai 4 Mei 2018. Tinggi Cak minimal 170 cm dan Ning minimal 160 cm. Peserta juga belum pernah menjadi duta wisata di kota lain.

Berkas yang dikumpulkan adalah formulir pendaftaran, fotokopi KTP (2 lembar), foto closup dan ukuran 4R full badan sebanyak 2 lembar berlatar hitam dengan pakaian yang sopan. Pengambilan formulir dapat diambil di Gedung Siola lantai II, di gerai-gerai kampus, di café seperti Satu Atap dan Aiola atau peserta bisa menguduhnya di link Instagram Cak dan Ning.

Besar harapan yang disampaikan oleh Wakil Pimpinan Proyek Pemilihan Cak & Ning Surabaya 2018 (Waprimpro), Daffa Gantara. Ia berharap pada acara kali ini anak-anak muda Surabaya bisa selalu mengembangkan kotanya sendiri.

“Saya berharap untuk Surabaya sendiri tetap sukses selalu dan Arek-arek suroboyo bisa mengembangkan kotanya sendiri,” ujarnya. (N/F : Lukman, Kiki)