Nikmatnya Nasi Kabsah Khas Arabia

actasurya.com – Nasi kuning pekat dengan aroma rempah-rempah yang kuat, serta warna coklat dari potongan daging kambing yang mendominasi isi piring sangat menggugah selera. Kenikmatan ini dilengkapi dengan potongan tomat, cabe hijau, serta bawang goreng yang ditaburi diatas nasi.Tak lupa, acar yang terdiri dari timun, nanas dan cabe rawit juga menambah cita rasa sajian Nasi Kabsah khas Arab ini.

Gurihnya Nasi Kabsah terasa saat disantap, berpadu dengan daging kambing krengsengan yang empuk dan manis. Tak seperti kambing biasanya, daging di tempat ini tidak mengeluarkan aroma tajam. Sehingga, yang terasa hanya sedapnya daging yang empuk dan manis dari bumbu krengsengan.

Nasi Kabsah ini adalah salah satu menu makanan di Depot Yaman Kuliner yang terletak di kawasan Ampel. Ketika berada di depot ini, pengunjung akan disambut dengan aroma rempah-rempah yang sedang dimasak. Namun siapa sangka, makanan khas Arab yang identik dengan daging kambing ini tidak hanya disajikan dengan daging kambing saja, tetapi juga daging ayam dan daging sapi.

Untuk menikmatinya, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 31.000 untuk daging kambing, Rp. 29.000 untuk daging ayam dan untuk daging sapi Rp. 33.000.

Depot yang sudah berdiri sejak tahun 2002 ini, tetap mempertahankan keaslian cita rasa sejak dulu. Inilah alasan Depot Yaman mempunyai pelanggan tetap yang setia.

“Ada salah satu pelanggan dari Mekah bilang, kalau masakan kita disini lebih enak dari masakan di Mekah. Ada juga orang yang berlangganan di tempat lain bilang bahwa masakan disini lebih enak dari tempat langganannya,” ujar Muhammad Semid pemilik Depot Yaman Kuliner.

Tampak Dari Depan Depot Yaman

Pilihan menu di surga kuliner ini beraneka, mulai dari Kambing Oven, Nasi Kebuli, Nasi Tomat, Nasi Briani hingga Nasi Afganis, semua tersedia.“Kalau yang sering dipesan disini Nasi Kebuli dan Kambing Oven. Tergantung selera juga sih,” ujar pria keturunan Timur Tengah itu.

Ramainya pembeli berasal dari berbagai macam kalangan. Tak hanya didominasi kaum dewasa, anak-anak muda juga sering menyambangi Depot Yaman. “Ini pertama kalinya saya ke sini dan mencoba Nasi Kabsah. Bagi saya rasanya enak,” tutur Anisyah, salah satu pembeli yang mengatakan dirinya masih berkuliah.

Anda yang ingin mencoba nikmatnya Nasi Kabsah, dapat berkunjung di Depot Yaman Kuliner yang terletak di Jalan KH. Mas Mansyur No. 92, Ampel, Semampir, Kota SBY, Jawa Timur.  Depot ini buka setiap hari dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. (N/F:Odif)