Nikmatnya Kopi Herbal, Gahwa Arabi

Kopi Americano menu favorite orang Amerika, dengan racikan khas Western yang dikelola di Indonesia.

Actasurya.com – Kopi merupakan minuman yang tak asing lagi di masyarakat Indonesia, minuman berwarna hitam dengan rasa khasnya yang pahit ini , berasal dari  sangrai biji kopi yang dimasak di atas tumpuan api dengan kematangan tertentu. Kopi juga memiliki manfaat tersendiri sebagai minuman penahan kantuk dan untuk pelengkap makanan.

Tentu saja dengan berbagai rasa dan warna kopi, membuat kopi pada umumnya menjadi minuman pilihan yang sering di pesan oleh kaula muda maupun tua. Tak hanya itu,  kerap gambar secangkir kopi dipilih menjadi ikon cafe yang menyajikan minuman kopi saja ataupun para pecinta kopi dan komunitas kopi.

Melihat dari ketertarikan masyarakat terhadap si hitam pahit ini, membuat hadirnya kopi dari negara lain juga di perkenalkan di Indonesia. Tak terkecuali Kopi Arab yang juga ada di Surabaya, tepatnya berada di kawasan Sunan Ampel yang menjual kopi negara unta tersebut. Di negara asalnya, kopi merupakan minuman selamat datang atau di sebut  Gahwa Arabi yang di sajikan oleh tuan rumah untuk tamu jika ada yang berkunjung, tak heran jika di setiap rumah memiliki persediaan kopi.

Tampak dari depan Cafe Mokha Eatery dengan desain interior yang klasik di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Jalan KH.Mas Mansyur, Surabaya.

Minuman hangat dengan campuran rempah-rempah kapulaga dan jahe membuat kopi arab kian tercium rasa dan ciri khasnya. seperti yang disampaikan oleh Abdullah Novel Nahri  selaku Owner Kopi Arab ”Biasanya orang-orang arab itu, kalau makan atau minum pasti ada bahan tambahan yaitu rempah kapulaga”ujar

Dalam bentuk penyajian, Gahwa arabi ini bisa di sajikan dengan dua cara, yaitu disajikan  menggunakan rempah-rempah dan tidak menggunakan rempah-rempah. Jika yang tidak memakai rempah-rempah, hanya menuang biji kopi yang sudah di hancurkan lalu di tuang air panas, sedangkan kopi yang memakai rempah cukup menyatukan jahe, biji kopi dan kapulaga sebagai ciri khas kopi Arab ini.

Tak heran, jika kopi arab ini, tidak sama seperti kopi biasanya, namun lebih mirip dengan minuman herbal. Dimana kopi ini juga memiliki khasiat, sebagai penghangat tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Begitu pula dengan warnanya, sama sekali tidak seperti kopi pada umunya yang berwarna merah kecoklatan. 

“ Jadi rasa kopinya  itu dengan aroma yang khas dan cita rasa yang unik, lalu memiliki kehangatan yang nikmat dalam tubuh,” ujar Abdullah. 

Harga yang di tawarkan dalam  se-kotak kopi Arab juga bervariasi yang paling murah 100gram dengan harga Rp 35.000,  200 gram Rp 60.000, dan yang paling mahal 500 gram Rp 105.000, juga tersedia kotak dengain isi 12 sachet yang sudah ada gulanya se-harga Rp 40.000. (N/F: hni)