Menjadi Mahasiswa Kritis

actasurya.com – Bisa menjadi sosok yang kritis, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswa. Namun untuk menjadi kritis, sikap seperti apa yang diperlukan? Bagaimana kita harus membangun sikap kritis itu? Untuk mengawalinya, apakah kita harus bergerak atau berkontribusi? Berikut ini ada beberapa tips, yang dapat menumbuhkan sikap kritis kita.

Peka Terhadap Sekitar

Mahasiswa adalah pemuda yang mempunyai pola pikir kritis. Diharapkan bisa peka terhadap hal-hal yang ada di sekitar, dengan semangat dan keinginan yang tinggi untuk berubah. Akan tetapi perubahan baik ini tergantung dari mahasiswanya sendiri, bagaimana mengaplikasikannya?

Kontrol Sosial

Mahasiswa sebagai pengontrol masyarakat, sehingga mayarakat terkadang lebih terpengaruh oleh kegiatan mahasiswa. Jadi, mahasiswa masih berperan aktif dalam pengaruh sosial.

Perluas Pengetahuan

Akan menjadi lelucon, jika kita mengajukan sebuah pernyataan, namun tak mengerti tentang apa yang kita tanyakan. Maka kita harus memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Bukan hanya sekedar pengetahuan tentang akademik, tapi non akademik juga penting.

Tumbuhkan Sikap Skeptis

Sikap skeptis adalah sikap keraguan akan sesuatu yang belum terbukti kebenarannya. Dalam menumbuhkan sikap kritis, kita harus memupuk sikap skeptis dalam diri kita.

Tumbuhkan Rasa Tanggungjawab

Selain memiliki sikap kritis, juga harus diimbangi dengan rasa tanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat. Akan sangat memalukan, jika sikap kritis kita hanyalah sekedar omongan, tanpa tanggungjawab yang mendasari perbuatan kita.

naskah : Aissah Vara | foto : internet

2 thoughts on “Menjadi Mahasiswa Kritis