Menggeluti Dunia Industri Alat Musik Tradisional

actasurya.com – Berbagai industri kecil di Indonesia mulai berkembang dengan pesat, salah satunya berada di daerah Bungah, Gresik. Di wilayah ini telah berdiri industri kecil penghasil kerajinan alat musik rebana.

Industri yang dikelola oleh Acil Lukman Hakim ini memproduksi hingga dikirim ke luar negeri. “Alhamdulillah rejeki terus mengalir, pesanan produksi kami bisa sampai keluar negeri,” ungkapnya.

Usaha yang telah berdiri dari 100 tahun lalu ini merupakan warisan dari orang tua, dan Acil sapaan akrabnya merupakan generasi keempat. Dalam sehari Acil mampu memproduksi hingga 30 rebana dari berbagai jenis.

“Dalam sehari, kami mampu menghasilkan minimal 30 rebana,” tambahnya. Rebana buatan Acil ini membuat banyaknya pembeli yang memesan, sampai-sampai ia pernah menerima pesanan hingga dua ribu rebana sekaligus.

Berbagai jenis rebana diproduksi oleh Acil, mulai dari rebana untuk Al banjari, Ishari, Qasidah, Lasqi, hingga gendang bedug.

Selain kualitas yang terjaga, harga yang cukup murah menjadikan hasil industri ini diburu oleh banyak orang. “Kita memberi harga yang miring namun berkualitas,”ucapnya.

Meskipun disekitar rumahnya berdiri industri yang serupa, namun Acil mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk para pelanggan. (N/F: Lutfi)