Mengenal Jurnalistik Sejak Dini


Ingin mengenalkan jurnalistik ke kalangan remaja di sekolah, lembaga pers mahasiswa Acta Surya dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS), menggelar roadshow pelatihan jurnalistik di tiga sekolah menengah atas yang ada di Surabaya dan Sidoarjo. Acara bertajuk “Jadi Jurnalis Muda di Sekolah” ini diawali dengan lawatan ke SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Senin (9/5).

“Melihat perkembangan dunia komunikasi saat ini yang begitu pesat mendorong kami untuk mengenalkan jurnalistik ke siswa-siswi di tingkat SMA. Selain ingin menanamkan jiwa jurnalis pada mereka, kami juga ingin mengenalkan bagaimana menjadi jurnalis yang baik dan profesional,” ujar pemimpin umum Acta Surya, Rizky Sekar Afrisia.

Ia melanjutkan, output dari acara ini, harapannya pelajar SMA dapat mengelola majalah sekolah sebagai wadah pembelajarannya. “Kami sangat berterimakasih pada Stikosa-AWS atas materi yang telah diberikan. Kami sangat berharap siswa-siswi kami dapat mempraktekkan materi yang didapat dengan baik. Sehingga mereka juga dapat memilih media dengan tepat,” tutur Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Hadi Sukianto pada sambutannya.

Pada acara yang digelar selama tiga jam ini diisi dengan materi-materi bidang jurnalistik. Diantaranya menulis berita, foto jurnalistik dan media online. Materi pun diisi oleh praktisi handal dibidangnya, seperti Dian Laksana dari majalah Al Falah, Bobi Novrianto dari Matanesia.com dan Totok Sumarno dari Suarasurabaya.com.

Workshop ini, tambah Rizky, digelar hingga 13 Mei mendatang. Selanjutnya roadshow pelatihan jurnalistik ini akan digelar di SMA Barunawati Surabaya dan SMA GIKI 2 Surabaya.

naskah dan foto : Subagus Indra