Melatih Jurnalis Muda di SMA Barunawati Surabaya

Hari kedua (11/5) Journalism Roadshow with Acta Surya yang mengusung tema “Jadi Jurnalis Muda di Sekolah” dilaksanakan di SMA Barunawati Surabaya. Lebih dari 45 siswa mengikuti kegiatan ini. Kurnia Saptaningsih, Kepala Sekolah SMA Barunawati sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Acta Surya Stikosa-AWS ini. “Saya sangat berterimakasih pada Acta Surya sebagai penyelenggara kegiatan yang sangat positif ini,” katanya.

Seperti sebelumnya, roadshow jurnalistik kali ini juga menghadirkan tiga narasumber yang menyampaikan materi tulis, foto jurnalistik, dan media online. Peserta tampak sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Riris, seorang peserta dari kelas X, menyatakan kegiatan ini sangat menarik. “Kita jadi lebih tahu tentang dunia jurnalistik,” sebutnya.

Antusiasme itu juga terlihat saat games ‘susun kalimat berita’. Peserta dibagi menjadi empat kelompok dan diberi potongan kata untuk disusun menjadi sebuah kalimat berita. Selain games, panitia juga menyelenggarakan lomba penulisan. Akan diambil dua terbaik dari seluruh tulisan peserta yang dikumpulkan, untuk diajak berkunjung ke salah satu perusahaan media massa di Surabaya. Dua peserta terbaik itu juga diberi voucher diskon untuk masuk Stikosa-AWS.

Setelah roadshow jurnalistik di SMA Hang Tuah II Sidoarjo dan SMA Barunawati Surabaya, LPM Acta Surya masih akan mengadakan kegiatan serupa di SMA Giki II Surabaya pada Jumat (13/5). (N: Icha/ F: Subagus)

2 thoughts on “Melatih Jurnalis Muda di SMA Barunawati Surabaya