Kuliner Apik, Sate Bebek Intik Mentok

Daging itik dan mentok berpadu diatas piring saji. Kedua jenis daging disulap menjadi sate bebek tik tok, sebagai variasi kuliner baru.

Sate Bebek tik-tok hadir sebagai varian sate daging dan ayam. Berbahan dsar daging bebek, sate ini memiliki keistimewaan pada kadar kolestrol yang terbilang paling rendah diantara hewan unggas pada umumnya. Bukan hanya daging satenya saja yang berbeda, tapi proses pembuatannya pun juga berbeda.

Daging harus melalui beberapa tahap sebelum disajikan menjadi sate bebek tik tok. Pertama, daging direndam dengan bumbu khusus terlebih dahulu. Kemudian, daging dipotong kecil, ditusuk dan dipanggang. Perendaman daging bertujuan agar bumbu lebih meresap kedalam daging. Daging dipanggang hingga setengah matang. Jatmiko selaku pemilik warung menambahkan kecap, merica dan bawang putih untuk sate setengah matang itu. Lalu, sate siap dipanggang kembali.

“Memang harus seperti itu proses pembuatannya. Agar bumbu rempah yang dibuat untuk merendam daging lebih terasa ketika dimakan. Dan nantinya agar aromanya lebih keluar.” Ungkap pria asal Banyumas itu.

Daging yang telah dipanggang, dihidangkan bersama bumbu kacang. Bumbu sate bebek ini sedikit berbeda. Sebab, didalam bumbu itu ditambahkan irisan tomat, bawang merah goreng, serta bawang merah yang masih mentah, sabagai penyelaras rasa.

“Dagingnya tidak susah dikunyah. Dan rasa pedasnya, malah lebih terasa ketika sudah di tenggorokan. Bahkan rasa rempahnya pun begitu mencolok,” tutur Mamed, pria asal Wonogiri yang mengaku penasaran dengan sate bebek tik-tok.

Warung yang juga memiliki menu lain seperti, gule bebek tik-tok dan tongseng bebek tik-tong ini bisa ditemui di jalan Mayjen Sungkono Sidoarjo, tepat disebelah SPBU alun-alun sidoarjo. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk mendapatkan 10 tusuk sate bebek tik-tok siap santap. Sate bebek tik-tok lebih nikmat bila disiram dengan gule bebek tik-tok.(f/n:ocha)

3 Comments

  1. reza says:

    apa saja mas/mbak resepnya membuat sate bebek?

  2. Anonymous says:

    ini yang bener sate daging mentok atau itik??

  3. Thankyou for this fantastic post, I am glad I noticed this internet site on yahoo.