Kenalkan Pantomim Lewat Lomba

Festival pantomim tingkat SMA, MA, SMK, dan non kejuruan se-Jatim telah diselenggarakan di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Acara yang berlangsung mulai 24 – 25 April 2010 ini pertama kalinya diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) FBS. “Acara ini kerjasama antara BEM jurusan Sendratasik dengan Teater Sendratasik,“ tutur Luqman Riyadi, ketua pelaksana acara ini.

“Tujuan kami memilih pantomim untuk pembelajaran, pengetahuan jika bahwa pantomim bagian dari teater,” jelas mahasiswa semester empat Prodi Drama ini. Selain itu, sasaran perlombaan sengaja tingkat SMA dan sederajat karena panitia menganggap siswa SMA lebih antusias dalam acara seperti ini.

Pendaftaran peserta ditutup sampai 24 April dengan uang pendaftaran Rp 50 ribu. Sampai hari itu, 15 peserta yang sudah mendaftar. Tujuh peserta tampil pada hari pertama, sedangkan sisanya akan tampil hari kedua.

Rangkaian acara yang dibuka dengan sambutan ketua pelaksana, dan dilanjutkan pementasan dari Teater Lentera, SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Teater Binar, SMAN 13 Surabaya. Teater Godong jati, Madrasah Aliyah (MA) Almuslimun. Teater Gita Smansa, SMAN 1 Pamekasan. Teater Ndrinding, SMA Hidayatusalam Gresik. Festival ditutup oleh penampilan Teater Angin, SMAN 2 Tuban. Masing-masing peserta terdiri dari empat crew dan satu pemain. Dengan diberi durasi 15 menit untuk menunjukkan karya pantomimnya.

Perlombaan ini akan diambil tiga pemenang yang akan mendapatkan thropy, sertifikat, dan uang pembinaan. Juara III Rp 500 ribu, juara II Rp 750 ribu, dan juara III Rp 1 juta. Pemenang nantinya akan diumumkan pada hari terakhir festival (25/4).

(N&F: Silvy Nur & Octovina Ane Bella.P.)