Gelar Pameran Foto, HIMMARFI Hidupkan Suasana Pelabuhan Kalimas

actasurya.com – Masih dalam rangkaian HBT (HIMMARFI Basic Training), calon anggota HIMMARFI (Himpunan Mahasiswa Fotografi) menggelar pameran perdananya. Pameran yang dihelat di kampus STIKOSA-AWS ini, dibuka pada Kamis (17/3), dan akan berlangsung selama enam hari.

Dibuka dengan sambutan ketua pelaksana Hibatur Rahman, dan dilanjut  dengan beberapa sambutan lain oleh perwakilan dari organisasi mahasiswa seperti Surabaya Muda, dan Prapala (Prapanca Pecinta Alam). Pameran ini juga disahkan oleh Ketua Stikosa-AWS, Ismojo Herdono.

Menurut Hibatur R, pameran yang mengambil tema Keseharian di Pelabuhan Kalimas ini, bertujuan agar dapat mengubah paradigma masyarakat mengenai pelabuhan  tertua itu. Yang mana Kalimas juga merupakan pelabuhan terbesar, tradisional dan masih aktif hingga kini.

Nantinya, pameran ini akan berlangsung hingga (22/3). Dengan menampilkan 23 karya fotografi, pameran ini dihelat di pendopo Stikosa-AWS. Nampak pula, pengunjung sangat antusias mengapresiasi karya foto hasil jepretan 3 peserta HBT ini. “Sebenarnya saya awam tentang dunia foto. Tetapi saya suka dengan pameran foto apalagi disana ada segi edukasinya. Seperti yang di HBT kemarin, menyadarkan bahwa dulunya dan sampai sekarang (seharusnya) Surabaya juga kota pelabuhan,” tutur Figur K, mahasiswa semester 6.

Tak hanya diapresiasi oleh mahasiswa kampus Stikosa-AWS saja. Pameran ini juga dihadiri oleh para pecinta fotografi dari luar kampus, seperti komunitas ASA (Asosiasi Surabaya Anderground) dan bebarapa komunitas fotografi lainnya.

Anggota HBT  berharap dengan diadakannya pameran ini merupakan salah satu kontribusi HIMMARFI terhadap dunia fotografi, dan berharap pula, HIMMARFI dapat menjadi tolak ukur dalam perkembangan komunitas foto serta para pewarta foto lainnya. (N/F:Hening)