Es Merah Jambu, Jadi Primadona Saat Berbuka

Actasurya.com – Begitu banyak hal yang bisa ditemukan di Sunan Ampel, tak hanya masjid tua yang bersejarah. Namun kawasan religi ini juga menjadi surganya kuliner. Salah satunya es permen karet dengan warna jambu merah yang menarik perhatian dan hanya muncul saat Ramadhan tiba.

Terletak tepat di depan gang Ampel Kembang, berdiri kios yang menyajikan minuman segar ini dan dilayani langsung oleh Ahmad Hidayat. Dia merupakan generasi ketiga yang mempertahankan usaha yang diwarisi sang ayah, “Keluarga kami sudah berjualan sejak 7 tahun lalu. Ada jajanan pasar, nasi bungkus, dan es permen karet,” ujarnya kepada reporter actasurya

Minuman yang cukup lama dijual ini, terbuat dari susu kental manis dan sirup. Harganya cukup bersahabat hanya Rp3.500 per bungkus. Menariknya lagi, tempat yang mewadahi es ini bukanlah kantong plastik pada umumnya, melainkan kantong kresek berwarna putih. Tak hanya itu, konsumen yang membeli 3 bungkus akan  mendapat harga Rp10 ribu.

Penjual es permen melayani pembeli yang antri panjang

Saat bulan puasa, Ahmad bisa menjual hingga 70 termos es. Berbeda saat hari biasa yang hanya menjual 7-10 termos saja.”Alhamdulillah keuntungan saat Ramadan ini signifikan sekali, laba kotor bisa mencapai 40 juta per hari,” ujar Yit sapaan akrabnya.

Bahkan, ada yang rela menempuh jarak jauh. Hanya untuk membeli takjil manis si merah jambu ini. Seperti Erianti warga Sidodadi “Es permen karetnya enak dan cukup ramai dicari buat takjil pas bulan puasa. Harganya murah, cuma 3500 rupiah satu kantong. Tapi ya harus antri seperti ini,” ucapnya usai mengantri.(N/F: alf/agt)