Demi Hak Suara, Masyarakat membludak di Gedung Siola

actasurya.com Jelang pemilihan Pilgub Jatim yang serentak dilaksanakan Rabu (27/6), sejak hari senin (25/6) masyarakat mulai berdatangan di eks Gedung Siola Surabaya tepatnya di Mal Pelayanan Publik. Elektronik KTP atau e-KTP merupakan syarat untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam pemilihan gubernur.

Pada selasa (26/6) ribuan warga memenuhi gedung siola, tepat  pada H-1 perayaan Pilgub jatim 2018. Mereka tidak hanya membuat e-KTP baru, tetapi juga melakukan perpanjangan e-KTP. Semua dilakukan agar bisa mencoblos pada Rabu besok.

Salah seorang yang membuat e-KTP baru adalah Saruki. “Kebetulan KTP saya hilang, jadi mau ngurus baru lagi biar bisa ikutan nyoblos,” ujarnya ketika ia harus kembali mengantri lagi pada pukul 13.00

Sebenarnya, Suharto Wardoyo, Kadispenduk Capil Kota Surabaya mengatakan, masyarakat terus diarahkan untuk melakukan pengurusan e-KTP di kecamatan terkait, jika berkasnya sudah lengkap maka e-KTP bisa langsung dicetak di kecamatan tersebut.

Sampai siang pukul 13.00, antrean warga membuat ruangan Mal Perizinan di eks Gedung Siola lantai 1 penuh sesak. Antrean pengurusan e-KTP ini akan dibatasi sampai pukul 18.00 WIB dikarenakan selama bulan Juni ini ada gangguan teknis dari pusat yang terjadi setiap pukul 18.00-06.00 WIB. Sehingga pada jam tersebut tidak bisa melakukan cetak e-KTP. (N/F: Hanim,Agathon)