Cek ! Tren Busana Untuk Semarakkan Lebaran

Actasurya.com – Berbicara mengenai lebaran, biasanya momen ini dijadikan kesempatan emas untuk bersilaturahmi. Mengunjungi sanak saudara sudah jadi agenda rutin setiap tahunnya. Namun, aktivitas yang padat di saat lebaran menuntut kita harus tetap tampil prima dan nyaman sepanjang hari.

Pada momen lebaran yang identik dengan apapun serba baru, tak terkecuali pakaian atau busana yang dikenakan selalu ada yang baru di tiap tahun momen lebaran tiap tahunnya, baik mode maupun tren warna.

Berbicara mengenai tren busana lebaran tahun ini tentunya luas dan menarik untuk diulas, kali ini penulis akan membahas tren busana kawula muda, yang memiliki banyak style busana yang beragam, baik mengikuti selera individu maupun budaya kaum urban yang kian dinamis.

Mengutip salah satu opini dari seorang perancang busana, Michael Richards selaku fashion stylist. Tren baju baru Lebaran berbeda dari tahun sebelumnya yakni lebih mengarah kepada comfortable style. “Jika sebelumnya, baju lebaran cenderung ribet mulai dari model, motif hingga warna, kini orang cenderung memilih baju baru yang lebih sederhana dan netral, yang mudah di mix and match,” mengutip dari Fimela.

Masyarakat Indonesia kini sudah semakin maju dan hal ini terlihat dari gaya mereka memadukan busana muslim menjadi suatu tren yang dianggap keren. Bukan hanya semata-mata untuk mode saja, tapi busana muslim pun sudah tidak asing dikenakan sebagai pakaian sehari-hari.

Banyak desainer muda pun yang mulai terjun untuk mengembangkan busana muslim dengan sentuhan milenial, sehingga banyak anak muda meminatinya.

Busana muslim pria atau umum disebut baju koko biasanya memiliki model yang hampir seragam, beraksen bordir simple dan berkancing, busana koko untuk pria hanya dibedakan dengan warna, juga tambahan motif batik biasanya sering digunakan sebagai hiasan agar terlihat formal.

Untuk atasan pemilihan kemeja berbahan katun maupun linen berwarna netral seperti putih dan krem, dipadu dengan celana kain berwarna gelap salah satu pilihan padu padan yang umum dan menarik. Sementara untuk alternatif pilihan warna lainya bisa memilih warna warna pastel yang tetap cocok dipakai kaum adam di momen lebaran.

Jika baju lebaran untuk pria hanya baju koko berbeda dengan busana untuk wanita. Berbagai macam model dan motif akan menghiasi pada lebaran kali ini, diantara model tunik yaitu dengan potongan dibawah lutut yang bawahannya bisa diberi aksen rok ataupun celana, dapat menjadi pilihan.

Lalu gamis atau kaftan yang menjulur ke bawah hingga mata kaki, bisa juga ditambahkan pita polos di bagian perut agar terlihat lebih ramping.Juga model outer atau cardigan yang bisa menutupi baju polos.

Sementara untuk motif di lebaran tahun ini, motif bunga-bunga atau floral dapat membuat penampilan lebih segar dan lebih feminin. Selain itu, motifnya cukup beragam sehingga lebih leluasa memilih motif mana yang cocok.

Seperti busana yang banyak di jual di beberapa online shop, motif yang tren untuk perempuan pada lebaran kali ini adalah gamis dengan motif penuh baik itu bunga-bunga ataupun motif lain. Hampir beberapa online shop membuat baju gamis dengan motif penuh pada pakaian koleksinya.

Kini membeli sekaligus memilih baju tak lagi susah, adanya online shop semakin mempermudah para fashion sista untuk memilih busana favoritnya. Baik menurut warna, model ataupun ukuran.

Beragamnya piliihan model busana lebaran baik bagi laki-laki maupun perempuan, turut menambah semarak menyambut hari nan fitri dengan penampilan yang segar sesuai selera fashion masing-masing.

Referensi mode busana dan padu padan yang inovatif dari talenta dalam negeri diharapkan mampu membantu Indonesia untuk menjadi barometer fashion muslim dunia, dengan menghadirkan busana muslim yang kental dengan identitas Indonesia, namun tidak mengurangi unsur estetik dari busana itu sendiri.(N/F: evv/hnm)