Bingkai Parcel Alternatif di Hari Raya Idul Fitri

actasurya.com – Lebaran hampir tiba, banyak orang, instansi maupun perusahaan di Indonesia khususnya Surabaya, berbondong-bondong mengirimkan bingkisan kepada saudara, teman atau karyawan. Paket yang berisi macam-macam kue, minuman, hingga setelan itulah yang bernama parcel. Seiring berjalannya waktu, membingkai parcel pun mengalami beberapa perkembangan. Dari yang hanya, berupa bentuk parcel biasa hingga sekarang yang beragam bentuk.

Peluang inilah yang coba dimanfaatkan oleh Elisa Mega Oktavia, selaku pemilik usaha kotakkosong.co yang menawarkan alternatif lain dalam membingkai parcel, yakni dalam sebuah kotak kado yang bentuknya sesuai keinginan konsumen. Hal ini biasanya dibicarakan ketika pembeli hendak memesan barang yang dilakukan melalui daring.

Tidak hanya dalam memilih model, konsumen juga diberikan pilihan jika ingin menambahkan beberapa pernak pernik untuk mempercantik kotak bingkisannya. Untuk hal ini, rata-rata orang, menambah kata-kata indah yang akan ditempel dibeberapa bagian.

Sejatinya kotakkosong.co ini sudah ada sejak Februari 2016 lalu. Yakni berangkat dari keinginan untuk hidup mandiri serta tak ingin terlalu ditekan kala bekerja. Akhirnya Elisa membuat sebuah usaha yang juga cocok dengan keterampilannya itu.

“ Saya lebih enak kalau bekerja kayak gini, walaupun gak seberapa tapi saya yang punya kendali.  Daripada kerja sama orang lain, sudah ditarget. Kalau gak tinggal nunggu di omelin saja,” kata perempuan berumur 22 tahun itu.

Untuk proses penggarapan, Elisa tidak sendiri, ia  memperkerjakan dua orang tetangganya. Karena menurut dia bila digarap sendirian hanya bisa selesai beberapa kotak kado, namun jika memakai pegawai bisa 15 lebih kotak diselesaikan.

Salah satu model kotak yang dibuat kotakkosong.co sesuai pesenan customer.

“Ya, tergantung tingkat kerumitan pesanan juga,” tambah Elisa

Untuk harga yang dipatok, masih terjangkau murah, yakni untuk kotak sederhana dibandrol mulai Rp 40 hingga Rp 80 ribu. Harga bingkai kado ini dapat berubah mengikuti model, ukuran, hingga kertas yang dipakai, tentunya sesuai yang dipesan oleh konsumen.

“ Harganya tergantung ukuran, kertas yang digunakan sama tingkat kesulitannya ada konsumen yang pesen kotak kecil buat tempat flash disk, itu harganya cuman 5 ribu rupiah. Bahkan ada konsumen yang pesan kotak modelnya kayak koper. Nah, itu model kotak tersulit yang pernah aku buat, sampai hari ini,”jelasnya.

Saat ini kotakkosong.co di hari biasa omset penjualannya telah mencapai dua hingga tiga juta per bulan. Namun, jika menjelang hari lebaran seperti saat ini, meningkat menjadi tiga sampai empat juta rupiah.

“Ya, kalau  menjelang  hari raya kayak gini, pemesanan gak ada habisnya, mangkanya saya batasi pemesan sampai tanggal 5  Juni kemarin. Itu pun masih ada konsumen yang rela bayar lebih mahal untuk saya buatkan kotak untuk bingkisannya,” tutupnya. (N/F : Jelita,Andhi)