Berawal dari Lubang Jarum

Rabu (7/4) siang, pusat kebudayaan Perancis CCCL jalan Darmo kali 10 Surabaya, kembali menggelar pameran fotografi. Kali ini giliran Komunitas Kamera Lubang Jarum Indonesia (KLJI) Malang, yang memamerkan hasil karya mereka.

Acara yang dihadiri oleh pelopor kamera lubang jarum di indonesia , Ray Bachtiar tersebut menjelaskan tentang sejarah fotografi yang berawal dari kamera lubang jarum.
Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai teknik penggunaan kamera tersebut. Setelah itu kita diajak menyaksikan pameran foto lubang jarum yang dibuka 8 – 17 April 2010. Dalam pameran tersebut mereka menghadirkan angle bangunan-bangunan bersejarah yang ada di kota dan kabupaten Malang. Tentunya, dengan menggunakan media kamera lubang jarum. Tujuannya agar penikmat foto dapat melihat obyek dalam bingkai seperti masa lalu, walaupun pengambilannya dilakukan masa kini.
Selain melihat beberapa foto, dijelaskan pula mengenai teknik pengambilan gambar dan tingkat kesulitannya. “Harapan saya, pada pameran ini generasi muda mau dan tidak melupakan sejarah fotografi i,“ ujar Ray Bachtiar
(N/F Gilang Budi Raharja)