Bakso Klenger Bikin Klenger

actasurya.com – Bosan dengan bakso seukuran bola pimpong ? Kini hadir bakso klenger. Bakso yang berukuran sebesar kepala manusia ini  dijamin akan membuat lidah dan perut anda kewalahan untuk menghabiskan satu porsinya sendirian.

Bakso klenger, mendengar namanya mungkin di pikiran anda akan muncul pertanyaan, apakah kita akan klenger setelah memakan bakso ini ?.  Faktanya, sebagian besar orang yang pernah mencicipi bakso ini merasa klenger setelah memakannya.

“Setiap orang yang habis makan bakso ini selalu bilang, pak rasane klenger pak…. Itu sebabnya saya menamainya bakso klenger”, cerita Pak Pasiran selaku pemilik kedai dan pembuat bakso klenger.

Bakso ini memang berukuran sangat besar yang dibagi menjadi enam level ukuran. Diameter bakso level 1 adalah 15 cm, diameter bakso level 2 adalah 20 cm, bakso level 3 berdiameter  25 cm, bakso level 4 berdiameter 30 cm, bakso level lima diameternya 40 cm, dan bakso level enam adalah bakso level terakhir dengan diameter yang luar biasa yaitu 50 cm. Bahkan bakso level enam memiliki berat hampir 10 kg.

Soal bahan pembuatan bakso klenger, sama seperti bahan untuk membuat bakso pada umumnya, tetapi yang unik dari pembuatan bakso ini adalah proses pembentukannya, karena hanya tangan Pak Pasiran yang mampu menghasilkan bakso berukuran super besar itu dengan kepadatan dan kekenyalan yang pas, khususnya pada bakso level tiga sampai enam.

“Pernah ada penjual bakso asli yang belajar bikin bakso ke saya, berhasil tapi cuma sampai yang level 1. Membuatnya memang harus dengan keterampilan, kecepatan tangan, dan perasaan, seperti orang bikin kerajinan. Sulitnya setengah mati, itu rahasia perusahaan” , ungkap Pak Pasiran mengenai bakso bikinan tangannya.

Khusus untuk bakso level lima dan enam, setiap harinya hanya tersedia dua buah, karena ukurannya yang sangat besar sehingga proses pembuatannya sangat rumit dan proses merebusnya membutuhkan waktu 8 jam. Tidak heran kalau untuk kedua bakso tersebut Pak Pasiran mematok harga Rp 200.000 sampai Rp 300.000, seperti pepatah harga menentukan kualitas.

Jika ingin menikmati bakso unik ini, bisa langsung datang ke Jl. Rembangan Utara Blok Tuban No.8, Surabaya. Warung ini buka dari hari Senin sampai Minggu jam 15.00 – 21.00. tetapi jangan datang pada hari Jum’at karena kedai ini pasti tutup pada hari itu.

Dengan merogoh kocek antara Rp 15.000 – Rp 300.000 anda sudah bisa mencicipi dan membuktikan sendiri apakah bakso ini benar akan membuat anda klenger, tergantung di level berapa anda ingin menguji elestisitas perut anda. Pemilik warung memberikan tantangan kepada pembeli yang datang, bagi mereka yang mampu menghabiskan bakso klenger level empat seorang diri, selamat menikmati bakso klenger dengan gratis, tapi kalau tidak bisa menghabiskannya sendirian, maka tantangan tersebut dianggap hangus alias pembeli harus membayar bakso level empat tersebut . (N/F: Titis,Rina/Wisnu)