Apa Itu Sih Teknologi EVDO Rev.A ?

Broadband CDMA EVDO Rev. A
Apa Itu Sih Teknologi EVDO Rev.A ?

Beberapa waktu yg lalu, ada teknologi yg digunakan untuk telekomunikasi CDMA di Indonesia buat internet.

Makin Cepat, Makin Asyik
Para provider telekomunikasi CDMA saling beradu menawarkan layanan internet berbasis EvDO Rev.A. Apa kelebihannya?
Tentu Anda semua sudah pernah melihat lomba maraton, bahkan mungkin menjadi pesertanya. Apa yang Anda lihat atau rasakan dalam lomba itu? Tak lain dan tak bukan adalah beradu kecepatan lari satu sama lain. Teknik, keahlian, dan kemampuan fisik sangat menentukan kemenangan kejuaran tersebut.

Nah, barangkali kita semua setuju jika lomba maraton itu sama halnya dengan persaingan di pasar internet. Hal utama yang dibutuhkan ketika Anda mengakses internet sudah jelas kecepatan, kecepatan, dan kecepatan. Setiap provider akhirnya berlomba menawarkan kelebihan mereknya, yang menu pokoknya adalah kecepatan tinggi.

Belakangan ini ada dua pemain yang menyatakan mulai menggarap pasar wireless internet broadband, yaitu PT Smart Telecom dengan merek Jump dan PT Mobile-8 Telecom yang mengusung merek Mobi. Keduanya sama-sama provider telekomunikasi CDMA (Code Division Multiple Access) berteknologi terkini EvDO Rev.A.

Layanan wireless internet broadband berbasis teknologi CDMA EvDO (Evolution Data Only) Rev.A setara dengan layanan 3.5G. Layanan ini menawarkan kecepatan lebih dalam proses men-download dan meng-upload data. Selain itu, teknologi ini memungkinkan pengguna mengirim dan menerima file berukuran besar dengan cepat dan mudah.

Pertanyaannya, siapa yang lebih dahulu hadir di antara Jump dan Mobi? Jump-lah yang terlebih dahulu muncul pada November 2008. Karena pionir, Smart pun tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai operator telekomunikasi CDMA pertama yang meluncurkan teknologi EvDO Rev.A untuk telekomunikasi nirkabel secara komersial. Bahkan, Jump yang pertama pula di Asia Tenggara.(Naskah : Bayu B./Reza Nurmansyah)